Review Laskar Pelangi Bab 1 Sepuluh Murid Baru | education


Bab I

Sepuluh Murid Baru



Baru membaca bab 1 Sepuluh Murid Baru saja, sudah banyak sekali pelajaran yang saya dapat, bagaimana kalau membacanya sampai habis??

Itulah yang pertama kali terlintas dibenak saya setelah selesai membaca bab 1 ini.

Tema yang saya berikan : Pendidikan??

Pada bab 1 ini penulis menekankan pentingnya pendidikan bagi anak-anak, bukan hanya di kota-kota besar tetapi juga di desa terpencil seperti di daerahnya. Hal ini terlihat jelas dari cara penulis menggambarkan suasana guru yang sedang khawatir tentang nasib sekolahnya..

NB: Pada awal bab 1 ini, terlihat bahwa penulis menggunakan sudut pandang orang pertama tunggal, yaitu aku.

Penulis menggambarkan suasana sekolah dasar yang sangat memprihatinkan. Bangunan sekolah yang sudah hampir roboh. Ditambah lagi dengan jumlah siswa baru yang kurang dari target sehingga sekolah terancam tertutup.

Saat itu, kepala sekolah dan seorang guru di ceritakan sedang dalam keadaan cemas, karena hanya memerlukan satu siswa baru untuk memenuhi target.

Pagi itu semua pihak, dari tenaga pendidik, orang tua dan calon siswa baru merasa gelisah. Tenaga pendidik yang takut kalau sekolah harus ditutup. Orang tua siswa yang masih ragu menyekolahkan anak-anaknya. Siswa yang prihatin keadaan ekonomi orang tuanya dan kenyataan bahwa mereka akan menyaksikan detik-detik terakhir sekolah yang akan mereka tempati harus ditutup pada hari pertama sekolah.

Namun, pada akhir bab 1 Sepuluh Murid Baru berhasil terkumpul dan sekolah tetap berjalan. Semua merasa gembira

Sampai jumpa di bab 2 Antediluvium......

Article terkait"

daftar isi novel laskar pelangi

1 Response to "Review Laskar Pelangi Bab 1 Sepuluh Murid Baru | education"

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel