Review Laskar Pelangi Bab 18 Moran


Bab 18

Moran


Pada bab 18 ini, saya berikan tema koreografi dan semangat menuju karnaval.

Pada awal bab 18 ini penulis menggambarkan tentang karnaval 17 Agustus. Karnaval 17 Agustus ini sangat berpotensial untuk meningkatkan gengsi sekolah karena memang menggunakan juri yang berkompeten dan memiliki integritas tinggi.

Selama ini, karnaval 17 Agustus selalu dimenangkan oleh Sekolah PN yang memang mampu secara ekonomi, memiliki banyak atribut, kadang juga sekolah negeri mendapat satu atau dua sisa juara karena mampu menyewa pakaian adat lengkap. Namun sekolah kampung tidak pernah mendapat juara karena memang tampil apa adanya.

Penulis kemudian melanjutkan ceritanya dengan penampilan yang luar biasa megah dari Sekolah PN. Penampilan yang sangat berbanding terbalik dengan penampilan Sekolah Muhammadiyah, yang tampil apa adanya. Selama bertahun-tahun kejadian seperti ini terus terulang.

Dengan alasan tersebut, setiap akan diadakan karnaval selalu ada pro dan kontra diantara para murid dan guru Sekolah Muhammadiyah, ikut atau tidak ikut karnaval. Guru yang gengsian menyarankan agar tidak ikut karnaval dari pada tampil apa adanya, yang bagi mereka itu sangat memalukan.

Karnaval tahun ini Pak Harfan mengadakan rapat terbuka. Guru yang menolak ikut karnaval menyerang Pak Harfan bertubi-tubi. Namun, Pak Harfan dan Bu Mus tetap berpendirian bahwa salah-satu cara untuk menunjukkan eksistensi bahwa Sekolah Muhammadiyah masih ada adalah dengan ikut karnaval 17 Agustus.

Apa pun yang terjadi kita harus karnaval! Pak Harfan memberi semangat. Kali ini Pak Harfan memberi Mahar tugas untuk menangani event tersebut. Mahar menanggapi hal tersebut dengan serius karena dia menyadari bahwa semua orang berharap padanya.

Seperti biasanya, Mahar muncul dengan ide kreatifnya yang membuat semua guru dan siswa Sekolah Muhammadiyah berani bersaing dalam karnaval nanti. Mahar hadir dengan konsep Suku Masai dari Afrika. Melalui penjelasan Mahar penulis menggambarkan koreografi yang akan mereka tampilkan.

NOTE: Moran adalah prajurit-prajurit suku Masai yang sangat terkenal. Suku terasing yang berasal Afrika.

Bab 19 Sebuah Kejahatan Terperinci....

See you in the next article, bye-bye....

0 Response to "Review Laskar Pelangi Bab 18 Moran"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel