Review Laskar Pelangi Bab 20 Miang Sui


Bab 20

Miang Sui


Pada bab 20 ini saya berikan tema antara rindu dan nasib.

Pada awal bab 20 ini, penulis menggambarkan suasana hatinya yang sangat rindu. Ia merindukan gadis penjual kapur tulis yang sangat dikaguminya.

Jika sebelumnya penulis sangat membenci tugas membeli kapur tulis ini, saat ini ia sangat ingin melakukannya. Bahkan penulis meminta kepada Ibu Mus supaya tugas itu diberikan kepadanya.

Penulis sangat senang bertemu dengan gadis idamannya meskipun hanya melihat kuku-kuku indahnya. Saat ini, penulis juga merasakan bahwa gadis idamannya itu merasakan hal yang sama dengannya. Jika sebelumnya gadis itu memberikan kapur tulis itu dan langsung menarik tangannya kembali cepat-cepat sekarang ia bahkan sengaja memberikan kesempatan kepada penulis untuk memandangi kuku-kuku indahnya itu.

Di pertengahan bab, penulis menceritakan usahanya untuk mendekati gadis idamannya itu. Melalui temannya Syahdan ia berhasil menemukan informasi bahwa nama gadis itu A Ling yang juga sepupu dari A Kiong sahabatnya itu. A Ling memberikan surat kepada Ikal sang penulis untuk bertemu dengannya di Chiong Si Ku (sembayang rebut)

Penulis menggambarkan suasana di kelenteng saat acara sembayang rebut berlangsung. Berbeda dengan Orang Sawang yang bekerjasama dan mendapat banyak barang dalam acara Chiong Si Ku, Orang Melayu justru bergerak secara individu dan tidak mau bekerja sama sehingga hanya mendapatkan barang-barang yang bahkan Orang Sawang pun yang kurang secara ekonomi tidak peduli dengan barang tersebut.

Setelah acara berebut barang itu, penulis melanjutkan ceritanya tentang perasaan-perasaan yang muncul saat sedang menunggu A Ling. Saat itu, penulis merasa kecewa karena ia pikir gadis idamannya tidak akan muncul.

Pada akhirnya penantiannya selama ini akhirnya terbayarkan. Gadis idamannya muncul didepannya. Namun, penulis merasa tidak pantas untuk gadis idamannya itu. Tetapi gadis itu menyadari perasaan penulis dan berkata:

Miang Sui artinya nasib.

Bab 21 Rindu....
Bye-bye....

0 Response to "Review Laskar Pelangi Bab 20 Miang Sui"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel